Pertanyaan yang saya jadikan judul postingan judul diatas adalah pertanyaan yang nggak sekali dua kali ditanyakan ke saya oleh teman-teman di kantor saya. Minimal sekali sebulan saya memang pulang kampung ke Malang untuk mengunjungi suami dan keluarga, terkadang suami yang mengunjungi saya di Maros.

Ada beberapa alternatif transportasi umum dari Bandara Internasional Juanda ke Malang yang bisa teman-teman pilih. Masing-masing memiliki plus minus dari segi fasilitas, kemudahan, kecepatan serta tarifnya.

Sebelum kita bahas satu persatu, kita bahas dulu transportasi tambahan yang harus diambil untuk menuju terminal atau stasiun apabila teman-teman memilih menggunakan bis antar kota atau kereta api menuju Malang. Pilihannya adalah Taksi, ojek atau bus Damri.

Saya adalah pengguna rutin bus Damri dari Juanda ke Terminal Purabaya. Selain lebih murah dibanding taksi dan ojek, bus Damri juga cukup nyaman. Dengan tarif sebesar 25ribu, kita tinggal duduk –bahkan tidur sejenak- dari Bandara ke terminal. Waktu tempuh dari Terminal Purabaya ke Bandara Juanda atau sebaliknya adalah 30 – 40 menit tergantung kondisi jalan dan jumlah penumpang.

Oiya, bus Damri hanya melayani trayek dari Bandara Internasional Juanda ke Terminal Purabaya dan Gresik ya. Jadi, untuk teman-teman yang memilih kereta api, hanya bisa memilih taksi atau ojek dari Bandara ke stasiun. Ada juga angkutan travel yang bisa mengantarkan ke tujuan dalam kota Surabaya.

Lanjut transportasi antar kotanya yuk…

Bis Ekonomi / Patas

Jadi, ada dua jenis tarif bis ke Malang, yaitu ekonomi dan patas. Beda harga beda fasilitas tentunya. Bis Ekonomi harga lebih murah, daya angkut penumpang lebih banyak. Di dalam bis ada dua lajur tempat duduk, masing-masing 3 seat dan 2 seat. Sedangkan bis patas, harga lebih mahal sedikit dan duduknya hanya ada lajur 2 seat untuk kanan dan kiri.

Kalau ditanya lebih suka naik yang mana, saya akan jawab naik bis patas. Kenapa? Karena waktu tempuhnya lebih cepat, meskipun lebih mahal sedikit. Selain itu lebih nyaman, tidak ada penumpang berdiri dan orang jualan atau pengamen yang lalu-lalang.

Soal kenyamanan hanya beda sedikit karena rata-rata bis Surabaya Malang semuanya ber-AC.  Jadi untuk yang nggak tahan panas, bisa tetap tenang yah. Hahaha…

Tarif Bis Ekonomi : 14ribu, Tarif bis Patas : 25ribu

Kereta api

Ini alternatif terakhir yang saya pake kalau mau menempuh perjalanan Malang Surabaya atau sebaliknya. Saya pribadi bukannya tidak suka naik kereta, tapi jam berangkat kereta sering miss dengan jadwal saya. Padahal sebenernya, naik kereta adalah mode yang paling murah dan cepat diantara yang lain. Dulu, waktu masih kerja di Surabaya, saya paling sering naik kereta, sekarang hampir nggak pernah.

Kereta api yang beroperasi di jalur Surabaya – Malang antara lain kereta Api Penataran, Kereta Api Jayabaya, Kereta Api Tumapel dan Kereta Api Mutiara Selatan. Tiket kereta api bisa dipesan online di website PT. KAI atau di aplikasi beli tiket online, tapi setahu saya hanya tiket selain ekonomi yang dijual. Tiket ekonomi seingat saya hanya dijual di stasiun.

Tarif kereta api : bisa di cek disini

Travel Bandara Juanda – Malang

Ini salah satu pilihan transportasi yang lumayan sering dipakai orang. Jika kamu tidak ingin repot pindah-pindah mode transportasi dan diantar langsung ke lokasi tujuan, bisa langsung pakai travel ke Malang. Jangan khawatir kehabisan atau bingung cara booking-nya, karena teman-teman akan menjumpai orang-orang yang menawarkan travel ke Malang.

Saya dulu sering menggunakan travel untuk transportasi dari Bandara Juanda ke Malang, hanya saja karena rumah saya lokasinya paling jauh, jadi selalu diantar belakangan. Otomatis waktu perjalanannya lebih lama. Ini yang membuat saya kadang malas naik travel. Hahaha… Saya hanya menggunakan travel ke Malang apabila saya landing di bandara Juanda diatas jam 9 atau 10 malam.

Tarif : 100ribu – 130ribu (tergantung lokasi tujuan di Malang)

Kurang lebih seperti itulah informasi yang bisa saya bagi. Apabila ada tambahan informasi yang lebih update, bisa tulis di kolom komentar ya.

Thankyou, semua…

2 thoughts on “Dari Bandara Juanda Surabaya ke Malang, Naik Apa?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *