Sebagai calon penumpang pesawat, ada beberapa prosedur keberangkatan yang harus dilakukan. Hal tersebut terkait dengan keamanan dan Berikut saya rangkumkan langkah-langkah panduan keberangkatan untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat.

  • Pastikan sudah beli tiket. Hehe. Misal kamu beli tiket secara online, maka e-ticket yang kita dapat via email, tidak perlu dicetak ya. Selain hemat kertas dan tidak menyusahkan diri sendiri, cetakan tiket pesawat memang tidak diminta atau diambil baik oleh petugas bandara maupun petugas check-in counter maskapai.

Jadi, e-ticket saja sudah cukup. Yang penting harus ada keterangan jelas atas nama penumpang, jadwal penerbangan dan maskapainya  dan kode booking.

  • Ketika akan masuk ke ruang check-in tinggal tunjukkan e-ticket kamu yang ada di handphone, kepada petugas banndara, dicek sebentar. Jika sudah sesuai, langsung deh masuk ruang check-in. Dalam prosedur keberangkatan, ada tahapan pemeriksaan security. Kita diharuskan berjalan melewati Walk Through Metal Detector (WTMD) dan seluruh barang bawaan harus melewati mesin X-ray.

Tipsnya nih, usahakan untuk tidak pakai barang-barang banyak di badan. Handphone, jam tangan, ikat pinggang adalah beberapa contoh barang yang harus melewati mesin X-ray.

Oleh karena itu supaya kita nggak ribet, lebih baik nggak dipakai dulu. Alasan lainnya supaya nggak membuat antrian panjang penumpang lain yang mungkin buru-buru dan langganan final call macam saya suka gak sungkan mendahului yang tua  dan menerobos antrian. *halah

  • Sampai di ruang check-in, kita bisa langsung menuju konter maskapai. Perhatikan juga kota tujuan yang ada di layar informasi konter check-in. Di konter check-in maskapai, kita akan diminta tunjukkan e-ticket tadi dan kartu identitas kita seperti KTP/SIM. Kita juga ditanya kita ada barang bawaan yang masuk kabin atau tidak. Untuk koper ukuran kecil dan tas yang beratnya tidak lebih dari 7kg, bisa masuk kabin penumpang.

Jika barang bawaan kita banyak dan melebihi ketentuan kompartemen kabin, maka akan dimasukkan ke bagasi dan tentunya  ada biaya tambahan atas kelebihan bagasi. Untuk ketentuan tentang bagasi kabin, bisa teman-teman cek di web maskapai masing—masing ya.

Oiya, check-in sebenernya nggak perlu harus dilakukan di konter maskapai, karena sekarang sudah ada mesin check-in mandiri (di bandara-bandara tertentu) dan bisa juga online web check-in di website maskapai.

  • Selanjutnya silakan menuju ke boarding room atau ruang tunggu keberangkatan. Sebelum masuk boarding room kita harus melewati pemeriksaan security sekali lagi ya teman-teman. 

Di boarding room, kita cek ulang gate keberangkatan pesawat dan boarding time kita. Next, mari kita tunggu pesawat kita. Yay!

Jangan lupa, selalu aware dengan pengumuman suara yang ada di bandara ya. Bisa jadi ada pengumuman tentang penerbangan kita.

Itu dia beberapa langkah yang harus dilakukan calon penumpang pesawat ketika sudah sampai di bandara. Semoga membantu ya teman-teman. Selamat jalan-jalan naik pesawat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *